Tuesday, January 19, 2010

Paradigma Baru Dakwah Kampus

Penerbit: Cinta Media

“Apa yang tertulis dalam buku ini bukan saja ilmu. namun kristalisasi ideologi, pengalaman, keyakinan, cita-cita dan harapan. Saya melihat karya Ari ini lebih dari sebuah buku, namun sebagai momentum sejarah baru dakwah kampus”

Buku itu berjudul “PARADIGMA BARU DAKWAH KAMPUS; Strategi sukses mengelola dakwah kampus “ buah pena dari Ari Abdillah. Buku yang terbit dipenghujung tahun 2008 ini, sangat pas untuk ADS (aktifis dakwah sekolah), ADK (aktifis dakwah kampus), ADP (aktifis dakwah profesi), kader dakwah disemua lini, da’i, murrabi dan murrabiyah kampus….Berikut petikan bukunya………….

Li kulli marhalatin ahdafuha, li kulli marhalatin rijaluha (dalam setiap tahapan da’wah memiliki tujuan dan rijalnya masing-masing). Masa transisi bangsa ini telah memberikan pengaruh terhadap dinamika dakwah kampus. Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir saya merasakan perubahan itu mulai menusuk dan mempengaruhi iklim dakwah kampus. Tuntutan akademis, meningkatnya biaya pendidikan, karakter mahasiswa yang semakin hedonis, munculnya berbagai harokah da’wah dan semakin menurunnya energi pergerakan mahasiswa turut memberikan warna tersendiri dalam denyut nadi da’wah kampus. Perubahan itu ternyata mengalir keberbagai kampus dibelahan bumi nusantara. Oleh karena itu dakwah kampus harus mampu menjawab tuntutan zaman yang terus berubah. Perubahan itu mengharuskan dakwah kampus segera berbenah dan bermetamorfosa agar tak tergilas oleh roda zaman itu sendiri.

Dakwah kampus yang sedang mengalami transisi zaman tidak membutuhkan perubahan yang sifatnya parsial, tetapi ia membutuhkan perubahan yang besar dan berkelanjutan disemua sayap da’wahnya. Oleh karena itu, transisi dakwah kampus akan sulit dilewati ketika para pelakunya tidak memiliki akal-akal besar dan paradigma baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Buku ini akan menuntun anda untuk menyelami lebih dalam bangunan dakwah kampus yang merupakan salah satu ruang besar dari bangunan integral pergerakan da’wah yang lebih luas. Buku ini terdiri dari lima ruang yang akan ditelusuri satu persatu dalam stasiun kenangan ini.



0 comments:

Post a Comment